A. Sejarah Oriflame
Oriflame pertama kali didirikan di Swedia oleh dua orang
bersaudara Robert dan Jonas af Jochnick dan rekan mereka, Bengt Hellsten, pada
tahun 1967. Semuanya berawal dari sebuah ruang kantor sederhana di pusat kota Stockholm.
Robert dan Jonas af Jochnick bermimpi ingin memberi banyak orang kesempatan
untuk memperoleh manfaat dari perawatan kulit yang baik dan kosmetika
berkualitas tinggi yang terinspirasi oleh keindahan alam Swedia.
Terobosan luar biasa yang
dilakukan oleh dua bersaudara af Jochnick adalah memindahkan mata rantai bisnis Oriflame ke rumah konsumen. Segera saja, Oriflame
memiliki konsultan penjualan di seluruh negeri, dan masing-masing dan setiap
satu dari mereka memiliki hati dan ambisi dari seorang pengusaha. Mereka ingin
menjadi bagian dari bisnis baru yang
revolusioner dan mendapatkan uang dari perawatan kulit alami. Produk itu
didistribusikan ke rumah mereka, dan sejak hari pertama mereka memiliki
jaringan pelanggan potensial di teman-teman, kolega, dan tetangga, dan saat itu
juga bisnis Oriflame mereka mulai berkembang. Hingga saat ini Oriflame global
memiliki:
1.
lebih kurang €1,1 miliar dalam penjualan
tahunan.
2.
kantor penjualan di 61 negara (salah satunya
Indonesia), pemimpin pasar di lebih
dari 30 negara.
3.
2,3 juta Sales Consultants.
4.
6.200 karyawan.
5.
800 produk.
6.
100 juta katalog dalam 35 bahasa.
Oriflame (PT. Orindo Alam
Ayu) terdaftar sebagai anggota Assosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI)
dengan nomor anggota : 0011/06/93 dan menjadi sponsor dalam
pemilihan ketua APLI periode 2010 – 2012. Oriflame Cosmetics
saat ini adalah perusahaan kosmetik dengan perkembangan tercepat di
dunia. Oriflame memiliki kantor penjualan di 59 negara dan merupakan pemimpin
pasar di lebih dari 30 negara. Jaringan penjualan yang terdiri dari 1.8 juta konsultan mandiri yang memasarkan
rangkaian lengkap perawatan kulit, wewangian dan kosmetik berkualitas tinggi.
Di Indonesia sendiri, Oriflame didirikan sejak tahun 1986 dan telah berjaya di
Indonesia selama 21 tahun.
Oriflame memiliki 12 cabang
dan ribuan konsultan yang tersebar luas
diseluruh Indonesia. Untuk saat ini, Oriflame Indonesia merupakan perusahaan
kosmetika dengan sistem penjualan mandiri nomor satu di Indonesia. Meskipun
berkembang dengan cepat, Oriflame tidak pernah sekalipun melupakan konsep
bisnis awalnya - Natural Swedish Cosmetics yang dijual dari teman untuk teman.
Universitas Sumatera UtaraOriflame adalah perusahaan kosmetika yang menawarkan
produk kosmetik dan perawatan kulit alami berkualitas tinggi melalui jaringan
penjual mandiri (independent sales force), yang berbeda dengan sistem retail
pada umumnya.
Sistem penjualan pribadi
memungkinkan pelanggan untuk memperoleh nasehat dan inspirasi dari orang yang
mereka kenal dan mereka percayai. Pembelian secara langsung dapat diandalkan
dan sangat menyenangkan. Menjadi konsultan Oriflame berarti memiliki
penghasilan tak terbatas dan peluang karir yang luar biasa, pengembangan
pribadi dan rasa saling memiliki dalam komunitas persahabatan global. Oriflame
adalah perusahaan dengan karakterteristik semangat “saya-bisa”, manajemen yang
tersebar, dengan atmosfir muda dan kewirausahaan yang tinggi.
Produk Oriflame terdiri dari
aneka kosmetik, perawatan badan, rambut, wajah dan wewangian yang hanya
menggunakan bahan-bahan dan saripati alami dan teruji secara klinis pada
sekelompok sukarelawan dan tidak diujicobakan pada hewan, sehingga keamanan dan
efektivitas produk dapat dievaluasi sebelum penjualan secara luas. Dengan
adanya uji klinis tersebut dapat diketahui lebih dini peluang terjadinya alergi
sehingga dapat dilakukan perbaikan komposisi atau pemberian note khusus bagi
penggunaan produk tersebut. Selama 43 tahun Oriflame telah mengembangkan
keahlian yang luar biasa di bidang kosmetik dan sistem penjualan pribadi,
sehingga Oriflame dapat menawarkan kesempatan unik untuk ‘make money today and
fulfil your dreams tomorrow’. Hal ini berarti diberikan peluang untuk
menghasilkan uang sejak hari pertama bergabung, sambil mulai membangun jaringan
penjualan dan berjuang untuk mewujudkan impian.
Ratusan ribu konsultan di seluruh dunia telah mengambil peluang ini
untuk membangun kesuksesan mereka sendiri bekerjasama dengan Oriflame. Dengan
kampanye rekrutmen ini, Oriflame menawarkan kesempatan besar untuk memulai bersama
Oriflame.
Ribuan konsultan dan 12 kantor
cabang Oriflame telah tersebar di
seluruh Indonesia. Perusahaan kosmetik asal Swedia ini mereguk keuntungan besar
dengan memanfaatkan peluang pasar menjanjikan di Indonesia, karenanya Oriflame
berkomitmen untuk selalu menunjukkan loyalitasnya terhadap konsumennya di
Indonesia. Beragam pemberian bonus, seminar-seminar, dan berbagai program
dipersiapkan Oriflame secara matang untuk memanjakan konsultannya.
Data paling akhir, member
Oriflame telah mencapai angka 2 juta orang di dunia, dan di Indonesia tercatat
sebanyak 25 ribu konsultan Oriflame bergabung di tahun ini. Menyadari peran
besar para konsultannya, Oriflame berusaha memanjakan konsultannya
dengan berbagai bonus dan fasilitas terbaik yang mampu diberikan.
Oriflame sudah 21 tahun di Indonesia, dari 58 negara yang ada Oriflame,
Indonesia berada di peringkat ke-enam, sedang berkembang dengan pesat dan tiap
Universitas Sumatera Utaratahunnya selalu menunjukkan perkembangan yang
positif. Sistem penjualan pribadi diyakini Oriflame dapat memberi kesempatan
bagi para membernya untuk memperoleh nasehat dan inspirasi dari orang yang
mereka kenal dan percayai.
B. Visi dan Misi Oriflame
a. Visi Oriflame
Visi Oriflame adalah “Menjadi pilihan utama bagi para konsultan,
pelanggan , dan karyawannya”.
b. Misi Oriflame
Misi Oriflame adalah “Menawarkan
peluang yang unik bagi para konsultan, pelanggan, dan karyawannya”.
C. Prinsip Operasi Oriflame
Visi, misi, dan nilai-nilai
utama Oriflame adalah semua elemen yang menjati dirikan Oriflame. Untuk
mengimplementasikannya, Oriflame
membutuhkan prinsip-prinsip operasi yang akan memandu dalam menjalankan
kegiatan sehari-hari. Oriflame telah mengelompokkan prinsip-prinsip tersebut
dalam 5 poin utama, yaitu :
1. Kesederhanaan dan efisiensi
biaya
Pendekatan yang langsung, harus
selalu memandu kami. Karena kami bergantung, pada pengembangan terus-menerus di
segala bidang dalam operasi, maka kami harus mendorong semua orang di Oriflame
untuk mencari penyelesaian yang sederhana dan masuk akal untuk masalah yang
dihadapi sehari-hari. Hal ini juga berhubungan dengan kesadaran dalam masalah
biaya. Menekan jumlah biaya akan membantu kami untuk menekan harga produk kami
yang secara alamiah, pada akhirnya akan menguntungkan pelanggan kami.
2. Menghargai lingkungan
sekitar
Alam selalu menjadi hal yang
penting bagi kami. Kami menentang penggunaan binatang sebagai bahan percobaan
untuk bahan dasar produk kami, dan sistem pendekatan dalam bisnis kami. Menjadi
warga perusahaan yang baik adalah aspek dasar dari operasi kami, dan itu
meliputi perasaan mendalam untuk menghargai alam dan orang lain.
3. Fokus pada pelanggan
Kami harus mendengarkan dengan
cermat pada orang yang membeli produk kosmetik kami, seperti mendengarkan orang
yang membeli melalui peluang bisnis yang kami tawarkan. Untuk tetap bersaing,
kami harus memperhatikan dan mengerti dunia sekeliling kami dan harus dapat
beradaptasi dengan cepat pada perubahan yang diinginkan pelanggan kami.
4. Perhatian terhadap
orang-orang
Oriflame dapat didefinisikan
sebagai bisnis orang banyak. Yang dibangun oleh orang-orang berbakat, tak
peduli konsultan maupun karyawan, dan adalah hal Universitas Sumatera
Utarapenting untuk memperlakukan semua orang dengan baik. Hal ini termasuk
memiliki fokus yang kuat dalam memberikan dorongan, pelatihan, dan pengembangan
diri.
5. Kemampuan untuk terus
bertahan
Beberapa orang melihat peluang
bisnis hanya berharap untuk mendapatkan hasilnya dengan cepat. Tetapi kami
tidak demikian, kami berencana untuk ada pada waktu yang lama. Oleh karena itu
kami harus bertindak dari sudut pandang bisnis untuk waktu yang lama,
memfokuskan strategi bisnis kami untuk pertumbuhan dan stabilitas yang terus
menerus.
D. Kelebihan Oriflame
Kelebihan produk oriflame dari produk kosmetik lain antara lain :
- Produk-produk Oriflame tidak di ujicobakan pada hewan, tetapi pada sukarelawan dengan menjamin keamanan, kecocokan, serta efektifitas termasuk pada kulit yang sensit
- Produk-produk Oriflame menekankan penggunaan bahan-bahan dan saripati alami.
- Produk-produk Oriflame dijamin murni dan berkualitas tinggi. Dikembangkan di pabrik yang berteknologi tinggi dibawah pengawasan mutu dan lingkungan yang ketat.
- Produk-produk Oriflame menggunakan aerosol yang akrab dan aman terhadap ozon
- Kemasan produk Oriflame dapat didaur ulang dan aman terhadap lingkungan.
Oriflame
adalah anggota Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI)
E. Keunggulan Oriflame
Berikut ini adalah keunggulan
Oriflame dalam aspek 4P :
1. Perusahaan
Oriflame sudah berdiri sejak
tahun 1967 dan saat ini sudah berada di lebih dari 60 negara di dunia. Oriflame
juga merupakan perusahaan kosmetik dengan sistem personal selling no.1 di dunia. Bisnis ini masuk pertama kali
di Indonesia tahun 1986 dan sampai saat ini sudah membuka cabang di 11
(sebelas) kota besar di Indonesia yaitu : Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta,
Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar dan
Balikpapan.
2. Produk
Produk Oriflame berkwalitas
karena dibuat hampir 100% alami. Pangsa pasarnya luas bukan cuma kosmetik buat
wanita saja, ada produk perawatan untuk
kaum pria, anak-anak bahkan bayi. Harga jualnya relatif terjangkau, apalagi
untuk produk berkwalitas yang 100% import harganya menjadi cukup murah.
3. Plan
Sistem bisnis Oriflame unik
karena menggabungkan sistem Personal Selling dan Networking Marketing. Di Oriflame semua adil, downline
yang lebih fokus dan bekerja keras bisa melampaui sponsor/uplinenya dan
sponsor/upline juga didorong untuk bekerja.
4. Organisasi
Oriflame menyediakan dukungan bagi semua consultant independetnya, mulai
dari training tentang sistem sampai beauty class. Disamping itu upline
/ sponsor Anda juga pasti mendukung.
Manajemen Oriflame telah mengeluarkan pernyataan resmi berkaitan dengan
kehalalan produknya, sehingga dengan penjelasan ini calon konsumen dapat
menarik kesimpulan mengenai status kehalalan produk-produk Oriflame dan dapat
menetapkan pilihan dengan lebih yakin.
Keunggulan lain dari oriflame
:
- Produk produk Oriflame tidak diujicobakan pada hewan, tetapi pada sukarelawan dengan menjamin keamanan, kecocokan serta efektifitas termasuk kulit yang sensitif.
- Produk Oriflame terbuat dari sari pati alami. Penggunaan bahan dari tumbuhan, aman dan kualitasnya tinggi.
- Skin care dibedakan berdasarkan jenis kulit dan usia (spesifik), sehingga lebih cocok dan dapat digunakan oleh semua orang).
- pH sesuai kulit manusia (antara 4,5-6,5)
- Oriflame menggunakan aerosol yang akrab dan aman terhadap Ozon.
- Ada tanggal kadaluwarsa (terjamin baru).
- Cocok untuk iklim tropis (Bukti: Sudah lebih 25 tahun Oriflame eksis di Indonesia)
- Sudah teruji di lebih 57 negara selama lebih 40 tahun
- Dikembangkan di pabrik berteknologi tinggi dibawah pengawasan mutu dan lingkungan yang ketat, karena Oriflame memiliki Global Research and Development Centre dengan lebih dari 100 Ilmuwan
- Kemasan produk Oriflame ramah lingkungan dan bisa di daur ulang.
- Harga yang sangat terjangkau (Barang import harga lokal)
F. Produk Oriflame
Produk Oriflame memiliki :
ü Kandungan
Alami, terbuat dan berbahan dasar tumbuhan.
ü Terjamin,
100% garansi kepuasan pelanggan.
ü Tidak
di uji coba pada hewan.
ü Menghargai
lingkungan hidup, Kemasan produk yang dapat di daur ulang dan
ü tidak
mengandung PVC.
ü Komitmen
sosial yaitu menjaga kelayakan.
ü Terdaftar
di Asosiasi Penjualan Langsung Dunia dan Indonesia, juga terdaftar di BPOM
serta DEPKES RI.
Produk Oriflame di kembangkan di
Pusat Penelitian dan Pengembangan
Oriflame dengan 100 orang ilmuwan ahli dan di produksi di lima pabrik
milik sendiri dengan peralatan modern serta standar produksi tertinggi untuk
menjamin kualitas produk yang sangat baik. Produk kosmetik dan perawatan Oriflame terbuat dari bahan-bahan alami dari
alam dan terdiri dari bermacam-macam jenis produk,antara lain :
1. Perawatan kulit.
2. Tata rias
3. Produk untuk pria
4. Produk untuk anak – anak
G. Nilai dan Sistem Oriflame
a. Nilai Oriflame
Oriflame bertekad untuk meningkatkan
semangat Oriflame dengan cara:
1. memperhatikan lebih dari
yang diharapkan
2. mengambil resiko saat
hal itu dibutuhkan
3. mencapai lebih dari yang
kami pikir mungkin dicapai
b. Sistem Oriflame
Di oriflame ada tiga sistem yang digunakan
yaitu :
1. Bisnis mandiri dengan membeli, menjual (auto
sell) dan mensponsori
2. Setiap orang mendapat kesempatan yang sama
dan adil untuk sukses
3. Setiap orang memperoleh dukungan pelatihan
dan praktek bisnis.
H. Variabel dan Keuntungan di Oriflame
a.
Variabel Oriflame
Ada empat variabel di Oriflame yaitu :
ü Selling
Price |SP| = Harga Jual [harga yang ada pada catalog periodik]
ü Consultan
Price [CP] = Harga Konsultan
ü Business
Volume [BV] = Harga awal [harga sebelum pajak/PPN]
ü
Rumus Point [BP] = Nilai Bonus [point
perhitungan bonus]
b.
Keuntungan Oriflame
Ada beberapa keuntungan yang
didapat dari Oriflame yaitu :
1. Keuntungan
langsung (20 s/d 30%) dari penjualan produk ke pelanggan anda.
2. Performance
discount (3% s/d 21%) setiap bulan atas penjualan dengan seluruh
downline (Group), tanpa batasan level (unlimited level).
3. Oriflame
Bonus (4% Royalti) dari seluruh
penjualan downline Anda yang telah mencapai posisi 21%. Garansi
minimum bonus: Rp. 1.520.000 per kaki per bulan.
4. Cash
Award (Rp. 7.000.000 – Rp. 1,05 Milyar)
diberikan satu kali pada saat para konsultan pertama kali mencapai peringkat
tertentu.
5. Leaders
Club Bonus (Rp. 500.000 – Rp. 2.800.000 per bulan).
6. Gold
Director Bonus (1%) dari
downline berperingkat 21% pada
generasi kedua sampai ke bawah.
7. Sapphire
Director Bonus (0,5%) dari downline
berperingkat 21% pada generasi ketiga sampai ke bawah.
8. Diamond
Bonus (0,25%) dari downline
berperingkat 21% pada generasi keempat sampai ke bawah.
9. Car
Bonus : Diamond mendapatkan New CRV langsung atas nama sendiri.
10. Jalan-jalan
ke luar negeri gratis, 1 tahun 1x untuk Senior Gold Director Up.
11. Jalan-jalan
ke luar negeri gratis 1 tahun 2x untuk Diamond.
12. Jaringan
group yang terbentuk dapat diwariskan.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------